Thursday, May 24, 2018

Pengertian, Fungsi dan Jenis IP Address


IP merupakan kependekan dari Internet Protocol yang terdiri dari deretan angka biner antara 32 bit hingga 128 bit. Fungsi IP adalah digunakan untuk mengidentifikasi sebuah komputer dan server. IP terdiri dari empat bagian angka yang dipisah menggunakan tanda titik (misalnya 192.168.152.8). Pada setiap komputer dalam satu jaringan memiliki alamat IP yang berbeda.

IP Address bisa di ilustrasikan seperti alamat rumah yang menunjukan dimana lokasi kita berada. Dari hal tersebut dapat kita pahami bahwa IP bisa dikatakan sebagai alamatnya sebuah komputer supaya memudahkan dalam mengirimkan paket data.

Untuk mengecek alamat IP pada sebuah komputer kita dapat melakukannya dengan cara masuk ke Command Prompt (CMD). Kemudian ketik ipconfig lalu tekan enter, maka akan muncul alamat IP address komputer anda.

Terdapat dua jenis IP address yaitu IP versi 4 (IPv4) dan versi 6 (IPv6). Pada IPv4 dapat menampung lebih dari 4 miliar host diseluruh dunia dan terdiri dari 32 bit. Berbeda dengan IPv6 yang terdiri dari 128 bit, jika IPv4 sudah tidak dapat menampung lagi banyaknya host maka dapat digantikan menggunakan IPv6. Hal tersebut dikarenakan IPv6 dapat menampung host jauh lebih banyak dari IPv4.


EmoticonEmoticon