Saturday, May 26, 2018

Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan Netware


Netware merupakan sebuah Network Operating System (NOS) closed source yang dikembangkan oleh Novell. Netware pertama kali dirilis pada tahun 1983 dengan konsep yang sangat sederhana yaitu file sharing dan bukanlah disk berbagi. Selain itu, Netware juga menyediakan akses file, remote transparan dan layanan jaringan terdistribusi seperti email transfer dan akses database.

Netware berjalan pada 5 lapisan model OSI dan berjalan pada media protokol apapun mulai dari layer 2. Fungsi umum dari Netware itu sendiri hanyalah sebagai media penyedia basis data saja, sehingga bukan server yang melakukan komputasi, melainkan client yang melakukannya. Salah satu keunggulan yang dimiliki Netware adalah sangat mudah untuk dikembangkan, terutama dalam penambahan atribut baru dari setiap data.

Selanjutnya pada bulan Maret 2005, Novell merilis Open Enterprise Server 1.0 (OES) yang merupakan produk untuk menggantikan Netware. OES pada dasarnya merupakan seperangkat aplikasi yang  dapat berjalan baik di atas Linux maupun platform kernel Netware. Selang 2 tahun kemudian, Novell merilis penerus OES versi pertama, yaitu OES versi 2.0 yang memiliki fitur virtualisasi dan dukungan 64-bit.

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan kelebihan dan kekurangannya yaitu:

Kekurangan
  • Netware hanya media penyedia basis data sehingga server tidak melakukan komputasi melainkan client sendirilah yang melakukannya
  • Masih berbasis DOS
  • Sulit digunakan untuk pemula

Kelebihan
  • Sequenced Packet Protokol (SPP) bermodifikasi dari Internet Datagram Protocol (IDP) yang berbasiskan koneksi dan lebih terjamin.
  • Mudah untuk dikembangkan
  • Komunikasi antar PC jadi lebih cepat


EmoticonEmoticon