Tuesday, May 29, 2018

Sejarah Perkembangan Sistem Operasi


Sistem operasi merupakan perangkat lunak (software) yang berfungsi untuk mengatur dan mengendalikan perangkat keras (hardware) agar memudahkan pengguna dalam mengoperasikan komputer. Sistem operasi pada komputer yang banyak dipakai saat ini yaitu Windows, Unix dan Mac OS.

Namun, dibalik semua sistem operasi yang ada saat ini memiliki cerita sejarah yang sangat panjang akan perkembangannya. Mulai dari generasi awal hingga saat ini. Berikut adalah penjelasan mengenai perkembangan sistem operasi.

Generasi Awal
Pada generasi ini belum ada sistem operasi, jadi sistem komputer diberi instruksi yang dikerjakan secara langsung oleh pengguna. Generasi awal ini merupakan awal perkembangan dari sistem komputasi elektronik yang menggantikan sistem komputasi mekanik. Generasi awal ini berlangsung pada tahun 1945-1955.

Generasi Kedua
Pada generasi kedua ini sudah ditemukan Batch Processing System yang merupakan pekerjaan atau proses dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu dieksekusi secara berurutan. Pada generasi ini juga sistem komputer belum dilengkap dengan sistem operasi. Namun, pada generasi ini beberapa fungsi dari sistem operasi sudah mulai dirasakan, seperti FMS dan IBSYS.  Generasi kedua berlangsung pada tahun 1955-1965.

Generasi Ketiga
Saat generasi ketiga, pengguna sudah bisa berkomunikasi melalui terminal secara on-line ke komputer. Pada generasi ini sistem operasi dapat menjalankan banyak program sekaligus (multi-programing), kemudian dapat melayani banyak tugas (multi-tasking) dan bisa juga digunakan oleh banyak pengguna sekaligus (multi-user). Generasi ini berlangsung sekitar tahun 1965-1980.

Generasi Keempat
Graphical User Interface (GUI) telah digunakan pada generasi keempat. GUI adalah antar-muka komputer berbasis grafis yang nyaman dan mudah digunakan. Generasi keempat ini berlangsung pada tahun 1980-200an.

Generasi Selanjutnya
Pada generasi ini mulai diperkenalkan sistem operasi untuk perangkat bergerak seperti Laptop, Notebook, Netbook. Pada generasi ini juga mulai ada sistem operasi virtual, multiboot dan merupakan awal tren Sistem operasi mobile seperti Android, iOS, Windows Phone, Blackberry OS, Symbian.


This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon